Serangga Tomcat

Serangga Tomcat itu sudah lama ada di wilayah Indonesia. Terkesan menakutkan dan fenomenal justru karena pemberitaan yang berlebihan. Petani pada khususnya dan masyarakat pedesaan pada umumnya sangat mengenal serangga ini dan mereka menyebut dengan Semut Kanai atau Semut Kayap. Diberi julukan lain Tomcat sebab bentuknya sepintas seperti pesawat tempur Amerika, Tomcat F-14.
Tomcat memiliki warna perut yang mencolok, sebagai pertanda bahwa ia memiliki racun Hemolimfi yang mengandung toksin paederin. Seseorang yang kulitnya terkena racun tersebut, bisa mengalami iritasi, kulit melepuh, bengkak dan merah.

Ciri Tomcat adalah, kepala warna hitam, dada dan perut berwarna oranye, serta memiliki sayap kebiruan. Karena memiliki sayap inilah, Tomcat bisa mengikuti angin yang saat ini sedang musim bertiup kencang, hingga tersebar luas.

Habitat hidupnya adalah di lahan pertanian, dan ia adalah perusak tanaman pertanian misalnya padi. Seperti halnya serangga yang lain, Tomcat juga tertarik pada cahaya lampu. Inilah yang menyebabkan banyak Tomcat yang masuk ke dalam rumah warga pada malam hari, dan menyebabkan penghuninya terkena racun. Yang perlu dihindari adalah memencet tubuhnya karena racunnya akan keluar jika tubuhnya pecah.

Jika terlanjur kena cairannya, sebaiknya segera siram dengan air dan sabun kulit tersebut agar racunnya tidak lama bereaksi dan terbuang bersama aliran air.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

2 komentar :

Random Post

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~